jenis jenis antena wifi

jenis jenis antena wifi

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Saat ini, WiFi sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat kita. Hal ini tidak lepas dari penggunaan gadget dan aplikasinya yang berhubungan dengan internet, seperti bisnis online atau penggunaan jasa. Semua hal yang dilakukan secara online tersebut, sudah pasti membutuhkan sinyal WiFi. Agar sinyal WiFi tersebut dapat masuk ke dalam gadget atau komputer, dibutuhkan antena WiFi.

Secara fisik, bentuk dari antena ini seperti jaring. Sayangnya, cakupan dari antena ini hanya searah. Selain itu, dibutuhkan antena pemancar yang diletakkan di tempat lain agar antena ini dapat menangkap sinyal WiFi. Saat antena grid diletakkan mengarah pada antena pemancar maka diperoleh sinyal yang kuat.

Adapun fungsi dari antena grid adalah menerima sekaligus mengirimkan sinyal data yang diperolehnya dengan menggunakan sistem gelombang radio. Ada dua frekuensi dari sistem gelombang radio yang digunakan pada antena ini, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz.


Atena Omni

Untuk antena jenis ini, bentuknya mirip tongkat dengan ukuran lebih kecil. Dibandingkan antena grid, cakupan antena omni lebih luas dan menyebar ke semua arah dengan membentuk semacam lingkaran. Namun, meskipun cakupannya cukup luas, jangkauannya tetaplah pendek. Biasanya, antena ini digunakan oleh sekolah-sekolah, supermarket, perkantoran, bahkan warung tenda yang menyediakan WiFi.


Antena Sektoral


Jenis antena pemancar wifi yang mirip dengan antena omni ini mampu menampung 5 klien sekaligus. Antena ini mempunyai cakupan yang tidak begitu luas, namun mampu menjangkau jarak lebih jauh. Pada umumnya, antena ini dipasang secara vertikal dengan sectoral sudut hingga 120 derajat. Namun, tak jarang juga yang memasangnya secara horisontal. Antena sectoral ini biasanya digunakan oleh tower GSM HP.







There are no products to list in this category.